Breaking News
Loading...

Desain Unik Atap Rumah Minimalis Sederhana

Keberadaan atap rumah minimalis yang serasi dan unik akan semakin memberikan kesan kuat terhadap keberadaan model rumah tersebut secara keseluruhan. Namun hal yang tak boleh diabaikan adalah atap harus berfungsi secara maksimal untuk menahan panas sinar matahari serta tidak bocor di waktu hujan turun.

Model atap yang dipakai pada rumah minimalis saat ini telah mengalami perubahan bergantung daripada material dan jenis bahan pendukungnya. Model atap miring berlawanan arah adalah umum digunakan pada material berbahan genteng. Tetapi ada juga yang membuat model miring satu arah sehingga terkesan tidak lazim. Biasanya ini digunakan pada atap berbahan spandek atau rangka berbahan galvalum yang mudah dimodifikasi.

Desain Atap Unik Pada Rumah Minimalis

Atap rumah pada umumnya memiliki bentuk simetris, tetapi seiring dengan perkembangan jaman banyak desainer ataupun pemilik rumah yang melakukan modifikasi pada bentuk dan warna atap agar terkesan lebih elegan dan menambah kesan estetik yang lebih dalam. 


Bentuk Desain Atap Plafon Rumah Minimalis

Atap rumah minimalis berbentuk limas atau segiempat adalah yang umum digunakan. Dengan sedikit sentuhan modifikasi kreatif, beberapa model kini dapat tercipta baik dari segi bentuk maupun warna atap yang menjadi aplikasi untuk menambah keindahannya.

Bahan atap rumah yang ada di pasaran pun saat ini jumlahnya beragam. Jika dahulu selalu menggunakan atap rumah berbahan tanah liat yaitu genting, asbes, seng. Kini juga berkembang beberapa bahan lain seperti beton, spandek dan galvalum.

Semua jenis atap tersebut memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Dilihat dari segi estetika, biaya dan kegunaan, maka atap berbahan tanah liat atau genting masih menjadi pilihan utama bagi masyarakat di Indonesia yang beriklim tropis ini.



Bentuk Atap Rumah Modern Sederhana

Seiring dengan berkembangnya tipe dan model rumah minimalis saat ini, maka juga turut mempengaruhi bentuk atap rumah yang ada. Salah satunya adalah gaya pada atap rumah minimalis modern yang berbeda dengan atap rumah kebanyakan. 

Ini merupakan salah satu contoh model atap rumah modern :



Model Kreasi Atap Unik Pada Rumah Minimalis Berlantai 1
Walaupun dibangun dengan 1 lantai, tetapi jika dikreasi dengan model atap yang unik dan menarik, maka rumah sederhana ini akan terlihat menjadi lebih mewah dan elegan. Tentu saja hal ini tidak lepas dari sentuhan karya seni dan "sedikit" biaya tambahan agar tercipta rumah unik yang lain daripada yang telah ada.

Coba anda perhatikan, bentuk tersebut bisa diaplikasikan pada rumah dengan berbgai macam ukuran. Walaupun berbahan tanah liat, sentuhan motifnya memberikan nilai tambah bagi rumah tersebut.

Terakhir mengenai atap, yang perlu diperhatikan adalah pemilihan bahan yang sesuai dengan konstruksi rumah secara keseluruhan, dan yang terpenting bahwa atap harus dapat berfungsi secara maksimal sebagai pelindung terhadap panas dan hujan.