Breaking News
Loading...

Memperbaiki lantai keramik yang pecah

Memperbaiki lantai keramik yang pecah
Memutuskan untuk membuat lantai dilapisi dengan keramik memang bukan hal yang gampang, karena bahan keramik sangat rentan terhadap benturan dan goresan sehingga keramik akan lebih mudah pecah dan rusak. Seringkali kerusakan pada keramik ini terjadi karena suatu hal, misalnya benda berat yang terjatuh langsung diatas keramik atapun saat anda sedang melakukan perubahan tata letak perabotan seperti lemari ataupun tempat tidur, kadang-kadang anda tidak sadar  melakukannya dengan menyeretnya sehingga menimbulkan goresan pada keramik. Hal-hal seperti inilah yang  membuat pemilik rumah kesulitan untuk memperbaiki lantai keramik tersebut. Umumnya meraka akan memanggil orang yang mengerti betul tentang pemasangan keramik, dan tentunya ini memerlukan biaya.
Padahal sebenarnya lantai keramik yang pecah atau rusak dapat anda perbaiki sendiri tanpa harus memanggil tukang atau orang yang ahli dibidang bangunan. Lalu apa saja tahapan dan bahan-bahan yang perlu Anda siapkan.
Untuk peralatannya Anda harus menyiapkan
•    Perekat keramik instan
•    Kuas
•    Trowel
•    Keramik pengganti
Sebelum memulai langkah perekatan keramik, hal yang harus pertama kali dilakukan adalah membersihkan debu dan kotoran yang terdapat pada keramik yang hendak dipasang. Untuk proses ini, anda bisa menggunakan kuas dengan menggerakkanya seperti ketika Anda sedang menyapu lantai rumah.
Setelah keramik bersih dari debu dan kotoran, maka anda dapat segera membuat perekat untuk menempelkan keramik pada lantai. Campurkan perekat keramik dengan air secukupnya sesuai takaran yang tertera pada petunjuk kemasan.
Mulailah dengan melakukan pelapisan pada lantai yang akan dipasangi keramik, kemudian ratakan dengan menggunakan trowel. Alangkah baiknya anda memilih trowel yang bergerigi agar dapat menjamin perekatan keramik dengan lantainya.
Setelah perekat dilapiskan pada lantai, maka selanjutnya anda harus segera merekatkan keramik diatas lantai berperekat tersebut. Tekan keramik secara perlahan-lahan dan pukul dengan menggunakan palu karet dengan hati-hati dan tidak terlalu keras, agar keramik dapat menempel dengan sempurna dan rata. Pemukulan yang terlalu keras dikhawatirkan akan merusak keramik, mengingat begitu rentanya keramik oleh benturan.
Terahir, isilah nat kosong agar lantai keramik Anda terlihat lebih rapi. Dengan demikian proses perbaikan keramik sudah selesai.